Strategi Bisnis Startup untuk Membuatnya Bertahan

Strategi Bisnis Startup untuk Membuatnya Bertahan

Strategi Bisnis Startup untuk Membuatnya Bertahan – Istilah startup biasanya merujuk pada bisnis rintisan atau yang belum lama dibangun. Istilah tersebut juga berkaitan dengan modal awal yang digunakan untuk merintis usaha startup dalam jumlah yang relatif kecil. Namun bukan berarti istilah bisnis startup ditujukan pada usaha kecil menengah. Bisnis rintisan dan usaha skala kecil memiliki perbedaan yang jelas dari segi cara pengembangannya.

Memulai bisnis startup mungkin tidak terlalu sulit. Apalagi bagi generasi milenial yang sudah melek teknologi, pasti bisa memulai bisnis ini dengan mudah. Sayangnya, untuk mempertahankannya tidak semudah ketika mengawalinya. Bahkan sekarang sudah banyak kompetitor bisnis yang sewaktu-waktu mengancam eksistensi sebuah bisnis startup. Jadi agar bisa mempertahankannya, lakukan beberapa strategi berikut ini.

Ikuti Perubahan Tren

Sebagai bisnis modern, usaha startup ini sangat bergantung pada kondisi zaman. Dengan kata lain, bisnis ini bisa dipertahankan dengan tetap mengkuti perubahan tren. Sehingga dari masa ke masa, bisnis startup kemungkinan besar akan selalu mengalami perubahan di berbagai aspek. Sebagai pelaku, Anda sebaiknya memperbanyak pengetahuan agar tidak tertinggal dari apa yang sedang menjadi tren.

Utamakan Pelayanan

Pelanggan atau konsumen menjadi bagian penting dari usaha mempertahankan bisnis. Mereka memiliki hak untuk memilih dan bisa saja berpaling ke produk atau layanan lain jika tidak menemukan kepuasan. Supaya tetap bisa bertahan, utamakan pelayanan terhadap konsumen sebagai salah satu strategi bisnis startup. Layanan ini bisa dimaksimalkan dari berbagai sisi, seperti kecepatan respon maupun pemberian keuntungan lain.

Lakukan Inovasi

Tidak jauh berbeda dengan strategi yang pertama, Anda juga harus selelu melahirkan inovasi terbaru untuk membuat bisnis startup bertahan. Jika belum terlalu banyak modal, inovasi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dulu. Pastikan juga setiap inovasi yang terlahir telah melalui riset dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Jadi saat inovasi terbaru diluncurkan, respon pasar bisa bagus sehingga keuntungan semakin meningkat.

Bentuk Tim yang Kompeten

Sebuah bisnis startup tidak akan bertahan hanya dengan modal yang selalu tersedia. Usaha rintisan ini juga harus disertai kerjasama tim yang kompeten. Bentuklah tim yang solid dan inovatif untuk kelangsungan bisnis startup yang Anda bangun. Konsistensi tim juga akan berpengaruh terhadap jalannya bisnis sampai bisa berkembang sesuai harapan.

Memiliki Mitra Terbaik

Selain ditentukan oleh tim internal, sebuah bisnis startup juga akan bertahan dengan kerjasama yang baik bersama mitra terpilih. Hubungan kemitraan harus dimulai dengan penuh pertimbangan serta penghitungan keuntungan yang disepakati. Mitra yang diajak kerjasama perlu memiliki visi yang sejalan agar seterusnya bisa menghasilkan pencapaian yang sama-sama menguntungkan.

Peluang bisnis startup di Indonesia masih lumayan besar. Pasalnya produk dan layanan yang disediakan bisnis ini masih terbatas, maka perlu adanya variasi. Untuk bisa menjalankannya dengan baik, pahami dan terapkan kelimat strategi bisnis startup di atas.

Share Button

Comments are closed